Minggu, 07 Oktober 2012

Tulisan 2 Bahasa Indonesia - Memilih Jurusan

Saya akan sedikit bercerita tentang bagaimana saya bisa menjadi mahasiswi system informasi di gunadarma. Awal mula sebelum masuk universitas gunadarma, saya sudah pernah kuliah di jurusan pendidikan dokter (kedokteran) di universitas andalas pada tahun 2009. Saya sendiri adalah kelahiran tahun 1991. Menjadi seorang dokter memang cita cita saya sejak kecil namun seiring waktu berjalan saya mulai memahami apa yang saya inginkan.  Setelah lulus SMA saya menginginkan jurusan Sastra citara Inggris dan saya memilih Universitas Indonesia sebagai tempat yang saya rencanakan untuk menuntut il mu. Berbagai  tes ujian masuk saya ikuti mulai dari SIMAK UI , SMUP UNPAD, dan IT TELKOM serta jalur SNMPTN pun saya ikuti.  Pada saat saya mengikuti  SIMAK UI saya kurang beruntung karena tidak lulus, kemudian orang tua saya memberikan semangat dan memotivasi saya untuk kembali mengikuti tes SMUP UNPAD. Saya kembali memilih jurusan sastra inggris dengan harapan saya bias lulus di tes ini. Pilihan jurusan saya selain sastra inggris adalah hukum, karena  yang  saya tau jurusan hukum di unpad adalah jurusan yang terbaik.  Alhamdulillah…  saya lulus dalam tes ini tetapi bukan di jurusan yang saya inginkan , saya lulus pada jurusan hukum. Saya sempat berfikir untuk mengambil jurusan itu sebagai bidang yang akan saya geluti di dunia perkuliahan, namun Allah mungkin memiliki kehendak lain atas keputusan yang saya ambil dan orang tua pun tidak memberikan izin karena orang tua saya mengkhawatirkan saya akan tinggal dimana di bandung, sementara kakak perempuan saya sudah mau lulus kuliah yang pada saat itu sedang berkuliah di salah satu universitas swasta di bandung. Sebagai anak yang baik, saya pun mengikuti nasihat orang tua meskipun hati ini memilih jurusan yang sebenarnya memang tidak saya minati sejak awal. Untuk membujuk saya agar tetap bersemangat orang tua saya kembali meminta saya mengikuti tes ujian masuk lewat jalur SNMPTN dan menyuruh saya untuk mengambil jurusan kedokteran sesuai cita-cita saya sejak kecil dan sesuai pula dengan harapan keluarga besar saya yang menginginkan dikeluarga kami adanya seorang dokter.

        Dengan berat hati saya mengikuti tes ini karena jujur saja saya sudah tidak begitu tertarik  akan cita-cita saya sewaktu kecil tersebut. Saya lebih menggilai bahasa inggris dan bercita-cita memiliki pekerjaan sebagai duta besar suatu saat nanti. Berkat do’a dari orang tua dan setengah hati mengikuti tes tersebut saya kembali lulus dalam jurusan kedokteran di universitas andalas (padang-sumaterabarat). Saya berfikir mungkin saya memang ditakdirkan Allah untuk menjadi seorang dokter dan membantu orang orang diluar sana. Setelah melaksanakan berbagai pendaftaran ulang saya resmi menjadi mahasiswi kedokteran universitas di padang, yang saya ketahui jurusan pendidikan dokter di kota padang merupakan jurusan terbaik dan terkenal sampai ke amerika. Pernyataan itu memang benar karena pada saat kuliah saya juga bergabung dengan mahasiswi luar negri seperti dari Malaysia dan Singapore. Tapi kali ini Allah berkehendak lain, saya pindah dari kedokteran padang dikarenakan adanya bencana alam gempa besar pada saat itu tanggal 30 september 2009. Orang tua saya langsung memutuskan saya untuk  pindah kampus karena saya sempat mengalami trauma akibat gempa tersebut yang pada saat kejadian itu saya sedang mengikuti perkuliahan di lantai 3 universitas tersebut.

     Kemudian saya  menganggur dan mengisi waktu yang tersisa tersebut dengan mengikuti bimbel dan kembali menyusun masa depansaya. Saya sempat berfikir untuk kembali mengikuti tes ujian masuk dan mengambil jurusan sastra inggris. Namun, setelah mengikuti berbagai tes ujian masuk untuk yang kedua kalinya saya kembali tidak lulus pada jurusan yang saya inginkan.  Saya justru lulus dalam ujian masuk IT TELKOM di bandung dengan jurusan manajemen informatika. Sepertinya saya memang tidak pernah berjodoh  untuk kuliah dibandung dikarenakan tidak adanya keluarga dekat di bandung. Akhirnya orang tua saya menyarankan untuk mendaftar di Universitas Gunadarma. Orang tua saya mengetahui universitas gunadarma dari saudara saya yang pernah berkuliah disini dan sudah tamat. Setelah itu saya mengikuti ujian masuk dan memilih jurusan sistem informasi karena saya tertarik dengan dunia komputer disamping sastra inggris. Pada akhirnya disinilah saya WIDYA FRIMA ASANDRA mahasiswi UNIVERSITAS GUNADARMA angkatan 2010 dan saat ini saya berada di tingkat 3 semester  5 awal. Mudah-mudahan Allah memberikan rencana  yang  indah untuk masa depan saya kelak, saya disini akan berusaha sebaik-baiknya memberikan kebanggaan tidak hanya untuk orang tua saya tetapi juga untuk diri saya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar