Minggu, 21 Oktober 2012

Tugas 2 Bahasa Indonesia - Diksi

Bagaimana dalam memilih bahasa atau kata dalam kalimat, cari artikel atau tulisan singkat dan analisis kata-kata yang terdapat didalamnya apakah baku atau tidak ?


Idul Adha 1433 H. Lebaran Idul Adha tahun ini beda banget sama tahun-tahun yang sebelumnya. Pagi-paginya sih seperti biasa, solat di mesjid. Setelah itu pergi dulu ke rumah enin, soalnya mama qurban disana. Nyampe rumah enin, pada ngesms suruh ke lapang bantuin bapa-bapa. Akhir ga lama dari situ aku pulang.
Nyampe rumah, ganti baju dulu terus ke lapang. Nyampe lapang, “teh mau bantuin ya?” aku cuma ngangguk. Banyak darah sisa eksekusi di sana. Penyembelihannya sih udah beres dan untuk pertama kalinya aku ga nonton satupun hewan-hewan itu di sembelih. Terus disuruh nimbangin daging. Kalo boleh jujur ya, aku pengennya nonton aja habisnya bau banget tapi gimana lagi emang udah ditugasin sih ga mungkin kabur gitu aja kan. Jadi aku pegang-pegang daging kambing yang udah dipotong kecil-kecil itu.
Udah keringetan, udah bau, akhirnya disuruh ikutan makan. Nyampe di suatu rumah tetangga ada ibu-ibu yang ngomong, “Aduh ini ada anak-anak solehah yang mau bantuin itu ngelapin piring ya”. HAH?! Terus ngelapin aja, “Naon harkos, kita kesini kan disuruh makan zz”.
Beres makan, pulang deh. Eh, ralat. Kabur. HAHAHAHAHAHA sebenernya disuruh ke lapang lagi, tapi udah ngantuk jadi ga balik lagi meskipun aku ditelfonin begitu nyampe rumah :(
Pengalaman yang menyenangkan. Terima kasih.
:)

link : http://shabiraaaa.tumblr.com/

KOSA KATA YANG SALAH
PERBAIKAN KATA
Beda
Berbeda
Banget
Sekali
Solat
Salat
Nyampe
Setibanya
Ngantuk
Mengantuk
Ngesms
Mengirim pesan sms
Terus
Kemudian
Lapang
Lapangan
Dulu
Dahulu
Ganti
Mengganti
Bantuin
Membantu
Udah
Sudah
Beres
Selesai
Ga
Tidak
Nonton
Menonton
Nimbangin
Menimbang
Pengennya
Inginnya
Aja
Saja
Habisnya
Karena
Tapi
Tetapi
Gimana lagi
Bagaimana lagi
Emang
Memang
Ditugasin
Ditugaskan
Kabur
Menghilang
Gitu aja kan
Begitu Saja kan
Aku pegang-pegang
Aku memegang
Keringetan
Berkeringat
Ditelfonin
Ditelfon
Ikutan
Ikut
Ngomong
Mengatakan
Bantuin
Membantu
Ngelapin
Mengelap
Sebernernya
Sebenarnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar