Rabu, 17 Desember 2014

Pengertian dan Jenis Konflik Organisasi

Konflik organisasi adalah suatu proses antara dua orang atau lebih dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkannya atau mbuatnya tidak berdaya.

Jenis-jenis konflik dalam organisasi terbagi menjadi lima, diantaranya :
  1. Konflik dalam diri individu, yaitu konflik yang terjadi ketika individu menghadapi ketidakpastian tentang pekerjaan yang ia harapkan untuk melaksanakannya. Bila berbagi permintaan pekerjaan saling bertentangan, atau bila individu diharapkan untuk melakukan lebih dari kemampuannya. 
  2. Konflik antar individu, yaitu konflik dalam organisasi yang sama dimana hal ini sering diakibatkan oleh perbedaan-perbedaan kepribadian. Konflik ini berasal dari adanya konflik antar peranan (seperti antara manajer dan bawahan).
  3. Konflik antar individu dan kelompok, yaitu konflik yang berhubungan dengan cara individu menanggapi tekanan untuk keseragaman yang dipaksakan oleh kelompok kerja mereka. Contohnya seperti seorang individu yang dihukum atau diasingkan oleh kelompok kerjanya karena melanggar norma-norma kelompok.
  4. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama, yaitu konflik yang terjadi karena pertentangan kepentingan antar kelompok atau antar organisasi.
  5. Konflik antar organisasi, yaitu konflik yang timbul sebagai akibat bentuk persaingan ekonomi dalam sistem perekonomian suatu negara. Konflik ini telah mengarah kepada timbulnya pengembangan produk baru, seperti teknologi, jasa, dan harga-harga lebih rendah, serta penggunaan sumber daya lebih efisien.


Referensi :

Munandar AS. Manajemen Konflik dalam Organisasi, Pengendalian Konflik dalam Organisasi, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jakarta, 1987.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar