Jumat, 17 Oktober 2014

Hubungan Manajemen, Tata Kerja, dan Organisasi

Manajemen
Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian serta pengawasan yang dilakukan untuk dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.Dalam mencapai kegiatanya manajemen harus mampu menyatukan segala fasilitas yang ada guna untuk mencapai tujuan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tata Kerja
Tata kerja merupakan suatu cara pekerjaan dengan baik dan benar serta berhasil mencapai tingkat efisien yang maksimal dengan mempertimbangkan tujuan, fasilitas, tenaga kerja, dan waktu, serta hal lainnya.

Organisasi
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai wadah atau tempat dimana orang-orang berkumpul dan bekerja sama secara rasional, sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya uang, material, mesin, metode, lingkaran, sarana dan prasarana, data, dsb. Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh kesamaan visi dan misi serta tujuan dengan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Suatu organisasi bernilai baik apabila organisasi tersebut diakui oleh masyarakat sekitarnya.

  • Manajemen dan Tatakerja
Manajemen dan tatakerja disini dimaksudkan sebagai metode atau suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia yang diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
  • Manajemen dan Organisasi 
Manajemen dan organisasi disini dimaksudkan sebagai tempat untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan secara bersama. Jika tujuannya adalah untuk mencapai keuntungan maka organisasi tersebut dinamakan perusahaan, dsb. Agar suatu organisasi dapat berjalan dengan baik maka perlu adanya pengelolaan, pekerjan mengelola itu disebut manajemen dan orang yang mengelola atau memimpinnya disebut dengan manajer. Jadi dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
  • Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja
Hubungan antar ketiganya adalah sebagai berikut :
  1. Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan bersama melalui kerja sama antar manusia
  2. Tata Kerja : Pola atau cara bagaimana kegiatan dan kerja sama harus dilaksakan sehingga tercapai suatu tujuan yang efisien
  3. Organisasi :  Alat bagi pencapaian tujuan dan pengelompokkan kerja sama
Dapat disimpulkan bahwa manajemen, tata kerja, dan organisasi diarahkan kepada satu hal yaitu tercapainya tujuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar