Sabtu, 18 Oktober 2014

Sistem Manajemen dan Sistem Organisasi PT. Mayora Indah Tbk

Pada tulisan ini saya akan membahas sistem manajemen dan sistem organisasi dari salah satu perusahan yang bergerak dibidang teknologi industri, yaitu PT. Mayora Indah Tbk. Berikut penjelasannya :

  • Profil Perusahaan
PT. Mayora Indah Tbk adalah perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang mempunyai inti dibidang usaha makanan. Didirikan pada tanggal 17 Febuari 1997 dan telah tercatat di bursa efek jakarta sejak tanggal 4 juli 1990. Jenis produksi PT. Mayora Indah Tbk diantaranya adalah biskuit, permen, wafer, coklat, makanan kesehatan, dan kopi. Kini PT. Mayora Indah Tbk telah menjadi perusahan terbesar Cepat Konsumen Pindah Barang dengan 13 pabrik dan lebih dari 25.000 karyawan dan juga telah menerima penghargaan op 100 Perusahaan Eksportir di Indonesia versi majalan swa. Perusahaan ini berdomisili dan berlokasi pabriknya yakni di Tangerang sedangkan kantor pusatnya beralamat di Jl.Tomang Raya No 21-23.

  • Sistem Manajemen 
Saat ini PT. Mayora Indah Tbk menerapkan sistem manajemen ISO 22000:2005 yaitu tentang keamanan pangan untuk menjaga mutu produk serta sebagai salah satu standar Food Safety yang telah digunakan diseluruh Indonesia. Perusahaan ini menerapkan sistem manajemen ISO selain untuk kebutuhan industri makanan pada khususnya untuk meningkatkan profil margin dan efisiensi organisasi sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.Oleh karenanya permasalahan ini perlu diantisipasi dengan menerbitkan suatu metode untuk melakukan risk analysis  (analisis resiko) terhadap bahaya yang disebabkan oleh makanan dalam proses penyediaannya sekaligus diperlukan suatu metode manajemen mutu yang dapat mengontrol dan meningkatkan perbaikan yang berkesinambungan. Melalui penerapan ISO ini PT. Mayora Indah Tbk berharap dapat menjamin keamanan produknya untuk dikonsumsi dan melakukan perbaikan yang berkesinambungan sebagaimana standar sistem manajemen mutu ISO 22000 yang ditinjau secara periodik.

  • Sistem Organisasi
Bentuk Organisasi PT. Mayora Indah Tbk adalah struktur organisasi proyek dengan hubungan organisasi, terutama pada orang-orang yang bekerja pada proyek yang sama. Struktur organisasi perusahannya terdiri dari beberapa kelompok dari fungsi yang berbeda dengan setiap kelompok yang menitikberatkan pada pengembangan produk tertentu atau lini produksi. Kendali perusahaan pada Presiden Direktur sebagai pucuk pimpinan. Selanjutnya diteruskan kepada bawahan masing-masing manajer departemen, kemudian dilanjutkan pada staff serta karyawan.

Kesimpulan : PT. Mayora Indah Tbk menerapkan sistem manajemen ISO dan sistem organisasi proyek.


Jumat, 17 Oktober 2014

Hubungan Manajemen, Tata Kerja, dan Organisasi

Manajemen
Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian serta pengawasan yang dilakukan untuk dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.Dalam mencapai kegiatanya manajemen harus mampu menyatukan segala fasilitas yang ada guna untuk mencapai tujuan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tata Kerja
Tata kerja merupakan suatu cara pekerjaan dengan baik dan benar serta berhasil mencapai tingkat efisien yang maksimal dengan mempertimbangkan tujuan, fasilitas, tenaga kerja, dan waktu, serta hal lainnya.

Organisasi
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai wadah atau tempat dimana orang-orang berkumpul dan bekerja sama secara rasional, sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya uang, material, mesin, metode, lingkaran, sarana dan prasarana, data, dsb. Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh kesamaan visi dan misi serta tujuan dengan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Suatu organisasi bernilai baik apabila organisasi tersebut diakui oleh masyarakat sekitarnya.

  • Manajemen dan Tatakerja
Manajemen dan tatakerja disini dimaksudkan sebagai metode atau suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia yang diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
  • Manajemen dan Organisasi 
Manajemen dan organisasi disini dimaksudkan sebagai tempat untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan secara bersama. Jika tujuannya adalah untuk mencapai keuntungan maka organisasi tersebut dinamakan perusahaan, dsb. Agar suatu organisasi dapat berjalan dengan baik maka perlu adanya pengelolaan, pekerjan mengelola itu disebut manajemen dan orang yang mengelola atau memimpinnya disebut dengan manajer. Jadi dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
  • Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja
Hubungan antar ketiganya adalah sebagai berikut :
  1. Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan bersama melalui kerja sama antar manusia
  2. Tata Kerja : Pola atau cara bagaimana kegiatan dan kerja sama harus dilaksakan sehingga tercapai suatu tujuan yang efisien
  3. Organisasi :  Alat bagi pencapaian tujuan dan pengelompokkan kerja sama
Dapat disimpulkan bahwa manajemen, tata kerja, dan organisasi diarahkan kepada satu hal yaitu tercapainya tujuan

Ciri - Ciri dan Unsur Organanisasi



Secara umum organisasi merupakan sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang melalui suatu hierarki sistematis dalam pembagian kerja dan pencapaian tujuan.




Ciri - ciri dari organisasi adalah sebagai berikut :


  • Adanya komponen (atasan dan bawahan)
  • Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
  • Adanya tujuan
  • Adanya sasaran
  • Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
  • Adanya komunikasi antar satu anggota dengan anggota yang lain

Menurut Berelson dan Steiner (1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Formalitas, merupakan organisasi sosial yang merujuk kepada perumusan tertulis dari pada peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
  • Hierarkhi, merupakan organisasi sosial yang merujuk kepada kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi dari pada anggota lain pada organisasi tersebut.
  • Besar dan Kompleksnya, organisasi sosial yang merujuk kepada banyaknya anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) hal ini dikenal dengan nama birokrasi.
  •  Lamanya (durasi), organisasi sosial yang merujuk kepada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama dibandingkan dengan anggota pada organisasi itu.


Unsur - unsur  dari organisasi adalah sebagai berikut :
  • Sebagai wadah atau tempat untuk berkerja sama, artinya organisasi merupakan suatu tempat atau wadah dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Pengertian tempat disini bukan dalam arti yang konkrit, tetapi dalam arti yang asbtrak, sehingga tempat disini bermakna sebagai menampung atau mewadai keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam arti umum, organisasi dapat berubah arti menjadi wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu, misalnya organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi mahasiswa, dsb.
  • Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang, artinya di dalam praktek jika kerja sama tersebut dilakukan dengan banyak orang, maka organisasi tersebut harus disusun lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama dilakukan dalam suatu organisasi, mempunyai kemungkinan untuk dilaksanakan dengan lebih baik. Hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara, dimana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.
  • Jelas tugas dan kedudukan masing-masing, artinya dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing dari setiap orang lebih jelas dan dobel pekerjaan dapat dihindari.
  • Adanya tujuan tertentu, artinya merupakan hal penting bagi seorang manajer untuk dapat mengorganisir suatu pekerjaan. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik.
sumber :